Dengan Berpuisi “AKU INGIN HIDUP SERIBU TAHUN LAGI ”

0
124
views
hari chairil anwar

 

Tengah hari, Sabtu, 29 April 2016 bertepatan dengan hari wafatnya sang pujangga Chairil Anwar, HMJ Bahasa Indonesia adakan perlombaan tingkat MA (Madrasah Aliyah) di tiga kecamatan, yaitu Gondang Legi, Bululawang dan Bantur. Jam 08.00 sudah terlihat peserta mulai merapat di gedung Auditorium Institut Agama Islam Al-Qolam Malang beserta pendamping mereka. Beberpa diantara ketentuan yang harus dilengkapi demi mengikuti lomba ini adalah, fotocopy ktp, dan penyerahan judul puisi yang harus diserahkan dalam  map saat check in peserta.

Susunan demi acara berlalu sesuai juknis yang ada. Satu per satu peserta bergulat di depan pangguung dengan secarik puisi ditangan mereka. Ekspresi digambarkan dari raut wajah, dan penguasaan gerak. Begitu pula pelafalan dan mimik tak kalah diadu. Tepuk tangan silih berganti berhamburan di dalam gedung mengapit tiap peserta. Tak kalah dengan peserta, dua mahasiswa sekaligus sastrawan dan aktivis IAI Al-Qolam yang akrab dipanggil “Zein” sebagai perwakilan HMJ B.Indonesia dan sahabat “Hilmi” dari Teater Q, menampilkan kepawaiannya dalam berpuisi. Mereka berharap, tidak hanya sekedar berlomba, namun pelajaran bisa diambil oleh adik-adik MA demi melestarikan budaya sastra di Indonesia mendatang.

Sebuah acara yang mengusung tema “Aku Ingin Hidup Seribu Tahun Lagi” ini sudah berjalan dengan lancar. Kondisi dalam ruangan mampu ditangani dengan baik oleh dua MC dari Tadris B.Indonesia yakni Roiva Nur Faizah dan Jihad Fisabilillah. Sesekali waktu mereka memberikan salam dan yel-yel untuk membangkitkan semangat peserta.

10 peserta terbaik diberikan kesempatan untuk membacakan puisi kembali pada babak ke-dua, agar para juri bisa menimang dengan hati-hati tiga urutan terbaik sebagai pembawa kemenangan. Dan dari kesepuluh finalis tersebut, didapatkan beberapa diantaranya, (1). M. Nur Cholis dari Madrasah Raudhatul Ulum Putra Ganjaran sebagai juara pertama, (2). Syahid dari MA Raudhatul Ulum Ganjaran sebagai juara kedua, dan (3). Lisan Khoirun Nisa’ dari Madarsah Aliyah Shiratul Fuqoha’ Sepanjang sebagai pemenang juara ketiga. Acara berakhir sekitar pukul 01.00 setelah piagam, trophy, dan uang pembinaan diserahkan dan ditutup dengan do’a bersama .(Red/Isa)