MUBES : Langkah Awal Pesta Demokrasi IAI Al-Qolam

2
151
views
mubes bem iiq 2017
Mubes BEM IIQ 2017

Selasa (11/03/2017) MUBES (Musyawarah Besar) ke I yang dulunya bernama Musma  IAI Al-Qolam ini diselenggarakan oleh Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Institut Agama Islam Al-Qolam, melalui perwakilan dari setiap HMJ dan UKM sebagai Panitia pelaksana. Acara besar kampus ini merupakan acara rutinan setiap tahun yang bertujuan untuk memperbaiki program kerja organisasi-organisasi Intra-Kampus (OMIK) agar lebih baik lagi kedepannya termasuk didalamnya membahas AD (Anggaran Dasar) dan ART (Anggaran Rumah Tangga), Laporan Pertanggung Jawaban Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Serta pen-domisioneran satu tahun kepengurusan BEM.

Acara yang diketuai oleh Heny Safitri ini mengundang delegasi dari setiap semester, HMJ, dan UKM serta civitas akademika Institut Agama Islam Al-Qolam. setiap delegasi dari setiap OMIK dan setiap semester harus  disertai surat recomendasi sebagai peserta aktif dan pasif. Aktif yakni memiliki hak suara pemilihan KPUM dan memiliki hak berbicara dalam forum musyawarah. Sedangkan pasif berarti hanya memiliki hak berbicara selama forum berjalan disertai dengan ketentuan-ketentuan dalam tata tertib persidangan.

Gema sholawat As-Surur mengawali acara tersebut disusul dengan pembukaan lalu pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an, dilajutkan dengan sambutan dari ketua panitia MUBES. Sambutan kedua disampaikan oleh M. Yusron selaku Presiden Mahasiswa IAI Al-Qolam yang dalam sambutan terakhirnya sebagai Presma mengucapkan beribu-ribu terima kasih kepada segenap undangan yang berkenan menghadiri acara tersebut, berikut pula kepada jajaran pengurus BEM yang telah menjalankan tugas dengan baik selama ini. Menariknya dia mengatakan bahwa menjadi Presma bukan dilihat dari penampilannya, melainkan dari cara berpikir dan pengalamannya.

Tak kalah menarik lagi sambutan dari Wakil Rektor III, Madarik Yahya yang berisikan tentang pertanggungjawaban. Dia mengatakan bahwa tanggung jawab dalam suatu organisasi itu sangat penting terutama di dalam kampus. Karena dengan suatu organisasilah yang akan melatih kita menghadapi lingkungan saat lulus dengan tidak hanya menjabat sebagai seorang penonton belaka. “Aku sangat yakin setelah lulus nanti kalian yang menjadi anggota BEM tidak akan menjadi seorang penonton saja karena saya sendiri bisa berbicara di depan sini karena organisasi IPNU yang saya ikuti”, tutur beliau dalam pidatonya.

Memasuki acara inti MUBES, yang diawali oleh Kontrak Forum dari Anggota  sidang yang beranggotakan SC (Steering Commitee) dari Panitia Pelaksana, sidang pembahasan AD/ART, Pendomisioneran hingga penentuan kriteria calon Presma dan pemilihan anggota KPUM (Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa) berjalan dengan lancar meski diiringi drngan perdebatan perdebatan Panas dalam Forum sidang, acara Mubes ini berjalan dengan sukses. Acara MUBES berakhir pada pukul 19.00 WIB dan menghasilkan anggota KPUM yang Bertugas menentukan tanggal Pemilu Raya Mahasiswa IAI Al-Qolam dan melaksanakan Pemilu Raya Mahasiswa IAI Al-Qolam. (nnk/red)

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here