Warna Baru Pemilu Raya Al-Qolam 2017

0
128
views
pemilu raya
Ketua dan Wakil Ketua BEM IIQ terpilih tahun 2017. doc Platinum

Menindaklanjuti hasil MUBES pada minggu kemaren yang membentuk sebuah kepanitiaan baru bernamakan KPUM (Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa), demi terselenggaranya pemilu raya 2017. Pemilu raya ini diselenggarakan oleh KPUM untuk memilih Presiden MahasiSwa (Presma) dan Wakil Presiden Mahasiswa (Wapresma) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM).

Berkas persyaratan pencalonan harus lengkap hingga Senin lalu, 24 April 2017 dan debat kandidat dilaksanakan dua hari setelahnya pada Rabu, 26 April ’17. Namun, pada hari itu, anggota KPUM memberikan pengumuman pada dinding-dinding kelas bahwasanya telah terjadi aklamasi dalam pemilihan Presma dikarenakan hanya terdapat satu calon yang terdaftar sah sesuai dengan draft. Pengumuman yang ditempel itu berbunyi: “Diberitahukan kepada segenap mahasiswa/i institut Agama Islam Al-Qolam, bahwasanya debat kandidat ditiadakan, karena mengingat calon Presiden Mahasiswa hanya terdaftar satu saja, maka secara aklamasi/otomatis dimenangkan oleh calon yang mendaftar, saudara Wadudulloh”. Tak lupa sebuah catatan NB dibawah halaman itu bertuliskan bahwa Pemilu Raya tetap dilaksanakan pada tanggal 29 April 2017, mulai pagi hari hingga sore hari.

Tempat Pemilihan Umum sudah disiapkan dari sehari sebelum pelaksanaan. Sedangkan pagi hari (29/04/16), pukul 08.00 sahabat Agus sebagai Ketua KPUM dengan tegas membuka Pemilu Raya untuk anggota DPM. Anggota KPUM duduk berbanjar memetak-metak sesuai ruang pemilu pada umumnya, dan mengkondisikan para pencoblos (pemilih). Mahasiswa yang terdaftar sebagai mahasiswa aktif IAI Al-Qolam memiliki hak pilih secara luber-jurdil. Mereka terlebih dulu harus menandatangani absensi sebelum mendapatkan surat suara pemilu, karena dikhawatirkan ada penyalahgunaan hak suara bila tidak ada penjagaan secara ketat.

Acara pemilu DPM kali ini yang dibuka mulai jam 08.00 pagi hingga jam 14.00 sore berlangsung secara sistematis. Tepat pukul 4, pembacaan Surat Suara dilakukan di halaman kampus. Nampak berduyun-duyun mahasiswa ikut andil sebagai saksi sah surat suara tersebut. Satu persatu surat suara dibacakan di depan umum dan menghasilkan Herwiningsih dengan nomor urut 2 dari Prodi Hukum Ekonomi Syari’ah sebagai Ketua DPM masa bakti 2017/2018.

dewan perwakilan mahasiswa 2017
Ketua DPM IIQ terpilih

Semoga para pemimpin kita bisa melaksanakan tugas dan tanggungjawab yang dibebankan secara amanah. (Red/Isa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here