MUBES: Pesta Demokrasi Dimulai

0
31
views

Musyawarah Besar Mahasiswa (MUBES) telah di mulai pada jum’at (20/04/2018). Menandai pula dimulainya pesta demokrasi. Musyawarah yang terbagi dalam 5 sidang pleno tersebut telah melalui separuh perjalanan. Seperti pada tahun sebelumnya, agenda MUBES kedua ini masih sama, yakni pembahasan terkait Organisasi Mahasiswa Intra Kampus (OMIK) dan penyusunan ulang AD/ART BEM dan DPM IAI Al Qolam Malang.

Tak banyak yang berubah dari sistematika kepanitiaan MUBES tahun ini. Kepanitiaan yang dipimpin oleh saudara Arifin ini mengandung unsur-unsur panitia yang terdiri dari utusan UKM dan HMJ. Hanya saja, tahun ini, antusiasme dan kesolidan dari UKM dan HMJ tak sebesar tahun sebelumnya. Jumlah UKM dan HMJ yang mengirimkan perwakilan untuk menjadi panitia pun berkurang. Hal ini membuat DPM harus banyak turun tangan menangani dan mempersiapkan MUBES tahun ini.

Acara pagi ini di mulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Al Qolam. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua panitia. Disambung dengan sambutan presiden mahasiswa yang dalam hal ini disampaikan oleh saudara Syahrul selaku menteri dalam negeri BEM. Tak lupa sambutan dari ketua DPM yang menyampaikan rasa bangganya atas terselenggaranya MUBES yang kedua ini. Kegiatan MUBES hari ini dibuka oleh Bapak Mudhofar selaku dekan IAI Al Qolam Malang.

Kegiatan MUBES yang dilaksanakan di ruang laboratorium terpadu ini dihadiri oleh kurang lebih 34 orang perwakilan dari kelas mulai dari semester 2 sampai 6, UKM dan HMJ. Kegiatan ini tak dapat dilakukan di auditorium seperti kegiatan pada umumnya dikarenakan ruang auditorium yang masih dalam proses pembangunan. Namun ketidakbiasaan itu tak menjadi kendala dalam pelaksanaan kegiatan akbar tahunan ini. Kegiatan MUBES hari pertama ini berjalan dengan lancar dan tanpa ada kendala yang cukup berarti.

Kegiatan MUBES hari ini telah membahas 2 agenda sidang pleno, yakni pembahasan dan pengesahan agenda acara dan tata tertib MUBES serta pembahasan tentang pedoman organisasi mahasiswa IAI Al Qolam Malang. Sedangkan tiga agenda sidang pleno lain, yakni pembahasan AD/ART BEM dan DMP IAI Al Qolam serta pemilihan Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM) akan dibahas pada esok hari (21/04/2018).

Abukhori, selaku pimpinan sidang mengatakan, antusiasme peserta sidang tahun ini dinilai lebih efisien dan lebih tinggi dibandingkan tahun kemarin. Hal ini karena tidak adanya batasan pada peserta dalam berkreasi dan bereksplorasi. “(MUBES) Tahun ini terasa lebih berwarna karena sudah mulai muncul orang-orang atau kelompok yang membawa kepentingan pribadi. Peserta lain juga mulai memahami alur persidangan sehingga musyawarah ini terasa lebih hidup”, tuturnya saat diwawancarai pasca persidangan dihentikan.

Dia juga menyampaikan harapan untuk MUBES esok agar para peserta lebih bisa tenang dan dapat mengendalikan diri, mengingat sidang ini adalah rapat permusyawaratan tertinggi dalam Organisasi Mahasiswa Intra Kampus IAI Al Qolam Malang dan bertujuan untuk perkembangan dan kemajuan kampus kita tercinta. “Saya juga berharap peserta tidak mengedepankan egoisme organisasi ekstra mereka masing-masing”. Imbuhnya.  (isl/Lpm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.